Motor yang satu ini memang selalu menarik untuk diperbicangkan, tampilan dasarnya yang macho membuat motor gaek ini selalu lahir kembali dari tangan-tangan modifikator dengan tampilan yang gagah dan garang. Sejak kelahirannya, Motor gagah ini memang didesain untuk menjadi pesaing motor-motor besar kelas Amerika dan Eropa seperti Harley Davidson, Norton dan Triumph dimana pada tahun kelahiran CB750 motor-motor tersebut memang sedang booming. Dan perlu sahabat Biker ketehui, bahwa motor tipe ini memang sebenarnya dibuat khusus untuk pasar Amerika dan Eropa ketika itu.
Modifikasi Honda CB750
Tahun 1968 – 1969, Honda mulai memproduksi CB750 dengan kepala silinder berjumlah empat buah dengan lima transmisi dan empat karburator yang mempunyai kekuatan 68 horse power dengan kecepatan 120 kilometer perjam dan dapat menempuh jarak 500M hanya dalam waktu 13 detik. Sejak kelahirannya motor ini memang sudah dibekali dengan rem cakram hidrolik, juga body besar yang membuatnya tampak gagah dijalanan. Tidak heran motor besar ini banyak dicari oleh para Modifikator untuk “dihidupkan kembali”.
Modifikasi motor Jepang ini telah melahirkan tampilan-tampilan baru dengan berbagai macam model dan variasi yang cukup mengagumkaan, salah satu diantaranya CB750 tahun 1978 ini. Samuel Guertin dari Clockwork Motorcycles adalah “Aktor Utama” yang berhasil merubah tampilan motor gaek yang masih perkasa ini menjadi hitam garang. Dengan bongkar pasang disana-sini, akhirnya lahirlah CB750 seperti dalam gambar-gambar berikut ini, semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang suka "nguprek" motor tua:
Spesifikasi Standar Honda CB750
1969 Honda CB750
Manufacturer: Honda
Also called; Honda Dream CB750 Four
Production; 1969–2003, 2007
Assembly; Wakō, Saitama, Japan
Hamamatsu, Shizuoka Prefecture, Japan
Suzuka, Mie, Japan
Successor: CB900F
Class Sport: bike or standard
Engine: 736 cc (44.9 cu in) SOHC air-cooled straight four (1969–1978)[1]
DOHC: air-cooled straight 4 (1979–2003, 2007)
Bore / stroke: 61 mm × 63 mm (2.4 in × 2.5 in)[1]
Top speed: 125 mph (201 km/h)
Power:
51 kW (68 hp) @ 8500 rpm (1969)[3]
50 kW (67 hp) @ 8000 rpm (DIN)[1][4]
Torque 44 lbf·ft (60 N·m) @ 7000 rpm
Transmission 5-speed
Suspension Front: telescopic forks
Rear: swingarm with two spring/shock units.
Brakes Front: disc / Rear drum
Tires Front: 3.25" x 19"
Rear: 4.00" x 18"
Rake, trail 94 mm (3.7 in)
Wheelbase 1,460 mm (57.3 in)
Dimensions L: 2,200 mm (85 in)
W: 890 mm (35 in)
H: 1,100 mm (44 in)
Seat height: 790 mm (31 in)
Weight: 218 kg (481 lb)[1] (dry)
233 kg (513 lb)[5] (wet)
Fuel capacity:19 L (4.2 imp gal; 5.0 US gal)[1]
Fuel consumption: 34.3 mpg-US (6.86 L/100 km; 41.2 mpg-imp)[6]
Manufacturer: Honda
Also called; Honda Dream CB750 Four
Production; 1969–2003, 2007
Assembly; Wakō, Saitama, Japan
Hamamatsu, Shizuoka Prefecture, Japan
Suzuka, Mie, Japan
Successor: CB900F
Class Sport: bike or standard
Engine: 736 cc (44.9 cu in) SOHC air-cooled straight four (1969–1978)[1]
DOHC: air-cooled straight 4 (1979–2003, 2007)
Bore / stroke: 61 mm × 63 mm (2.4 in × 2.5 in)[1]
Top speed: 125 mph (201 km/h)
Power:
51 kW (68 hp) @ 8500 rpm (1969)[3]
50 kW (67 hp) @ 8000 rpm (DIN)[1][4]
Torque 44 lbf·ft (60 N·m) @ 7000 rpm
Transmission 5-speed
Suspension Front: telescopic forks
Rear: swingarm with two spring/shock units.
Brakes Front: disc / Rear drum
Tires Front: 3.25" x 19"
Rear: 4.00" x 18"
Rake, trail 94 mm (3.7 in)
Wheelbase 1,460 mm (57.3 in)
Dimensions L: 2,200 mm (85 in)
W: 890 mm (35 in)
H: 1,100 mm (44 in)
Seat height: 790 mm (31 in)
Weight: 218 kg (481 lb)[1] (dry)
233 kg (513 lb)[5] (wet)
Fuel capacity:19 L (4.2 imp gal; 5.0 US gal)[1]
Fuel consumption: 34.3 mpg-US (6.86 L/100 km; 41.2 mpg-imp)[6]
إرسال تعليق