Mengidentifikasi target audiens Anda adalah bagian yang mudah dilakukan dalam usaha untuk mendapatkan pelanggan. Tidak ada yang lebih menantang bagi bisnis selain memahami poin keluhan pelanggan. Setelah Anda memahami masalah dari konsumen Anda dan memahami kebutuhan mereka, Anda akan mendapatkan solusi sempurna untuk memenuhi kebutuhannya dan mendapatkan pelanggan dari usaha kecil Anda.
Bila Anda ingin membuat strategi pemasaran konten, mencari tahu tentang audiens Anda dan kebutuhan mereka adalah tugas yang paling penting. Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah menulis masalah riil yang dihadapi pelanggan Anda dan bukan hanya membayangkan mereka. Anda dapat melakukan hal ini dengan mengikuti empat langkah di bawah ini:
Buat daftar pelanggan utama Anda secara akurat, beri mereka label dan identitas tertentu. Misalnya, jika Anda menjalankan sebuah perusahaan biro perjalanan, maka pelanggan Anda biasanya adalah: wisatawan berpengalaman, wisatawan yang berwisata sesekali, wisatawan yang berkunjung ke kota, penduduk setempat yang suka berkeliling kota, dll
Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Anda dapat mengumpulkan informasi tentang pelanggan utama Anda dalam beberapa cara seperti:
Mengidentifikasi karakteristik pelanggan utama Anda berarti belajar tentang pengalaman pelanggan Anda '. Misalnya, wisatawan berpengalaman mungkin tahu tentang kode bandara dan e-tiket tapi wisatawan yang sesekali berwisata mungkin tidak. Informasi-informasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk memahami kebutuhan setiap pelanggan Anda. Anda dapat secara kreatif mencari dan menemukan karakter dari setiap pelanggan Anda.
Cara terbaik untuk memvisualisasikan dan memahami kebutuhan pelanggan adalah membuat catatan personal setiap pelanggan Anda. Anda dapat mencatat rincian spesifik untuk pelanggan seperti mencatat nama, usia, profesi, seberapa sering dia berhubungan dengan bisnis Anda
Bagi sebagian orang kadang cara tersebut dianggap sebagai cara yang berlebihan. Namun jika Anda ingin memberikan solusi pada pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka maka hal tersebut sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan.
Strategi mendapatkan pelanggan
Bila Anda ingin membuat strategi pemasaran konten, mencari tahu tentang audiens Anda dan kebutuhan mereka adalah tugas yang paling penting. Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah menulis masalah riil yang dihadapi pelanggan Anda dan bukan hanya membayangkan mereka. Anda dapat melakukan hal ini dengan mengikuti empat langkah di bawah ini:
Inventarisir Pelanggan Utama Anda
Buat daftar pelanggan utama Anda secara akurat, beri mereka label dan identitas tertentu. Misalnya, jika Anda menjalankan sebuah perusahaan biro perjalanan, maka pelanggan Anda biasanya adalah: wisatawan berpengalaman, wisatawan yang berwisata sesekali, wisatawan yang berkunjung ke kota, penduduk setempat yang suka berkeliling kota, dll
Kumpulkan Informasi tentang Pelanggan Anda
Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Anda dapat mengumpulkan informasi tentang pelanggan utama Anda dalam beberapa cara seperti:
- Melakukan survey terhadap pelanggan yang mengunjungi situs Anda
- Buatlah forum Tanya jawab dalam situs yang Anda kelola
- Baca email dan umpan balik dari pelanggan pada kontak yang Anda sediakan dalam situs Anda atau layanan bantuan yang Anda sediakan secara khusus pada halaman situs Anda
Identifikasi Karakteristik Pelanggan Utama Anda
Mengidentifikasi karakteristik pelanggan utama Anda berarti belajar tentang pengalaman pelanggan Anda '. Misalnya, wisatawan berpengalaman mungkin tahu tentang kode bandara dan e-tiket tapi wisatawan yang sesekali berwisata mungkin tidak. Informasi-informasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk memahami kebutuhan setiap pelanggan Anda. Anda dapat secara kreatif mencari dan menemukan karakter dari setiap pelanggan Anda.
Buat Catatan Personal
Cara terbaik untuk memvisualisasikan dan memahami kebutuhan pelanggan adalah membuat catatan personal setiap pelanggan Anda. Anda dapat mencatat rincian spesifik untuk pelanggan seperti mencatat nama, usia, profesi, seberapa sering dia berhubungan dengan bisnis Anda
Bagi sebagian orang kadang cara tersebut dianggap sebagai cara yang berlebihan. Namun jika Anda ingin memberikan solusi pada pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka maka hal tersebut sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan.
Posting Komentar