Content Marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten yang bagus, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens. Tujuan akhir dari content marketing adalah mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan baik kunjungan ke situs maupun pembelian

Content Marketing

Content marketing merupakan istilah umum yang mencakup serangkaian strategi, teknik, dan taktik yang betujuan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pelanggan dengan menggunakan konten yang paling relevan untuk melayani, menarik, mengkonversi, mempertahankan, dan melibatkan pelanggan. Pembuatan konten dapat menggunakan blog, podcast, video, dan situs media sosial sebagai sarana dalam pembuatan konten marketing. Cara ini digunakan oleh 86% para pelaku bisnis saat ini. Namun demikian untuk menemukan content marketing yang efektif tidaklah mudah untuk dilakukan karena dibutuhkan keahlian dan ketekunan.

Tujuan Content Marketing


Mengingat fakta bahwa konten memainkan peran dalam hampir semua teknik dan strategi pemasaran, maka dapat dikatakan tidak ada tujuan yang tidak dapat dicapai menggunakan konten. Namun, kalau kita lihat dari perspektif content marketing, kita melihat bahwa para Marketer rata-rata fokus pada beberapa tujuan utama seperti:

  • Peduli terhadap brand

  • Kunjungan kontinyu

  • Pergerakan/aksi

  • Pemasaran

  • Menjaga kunjungan ke situs

  • Mempertahankan pelanggan dan loyalitas

  • Memberikan informasi pada pelanggan

  • Meningkatkan penjualan


Meskipun ini adalah merupakan tujuan yang khas ditemukan dalam penelitian Content Marketing, namun Anda dapat berpikir di luar kotak dan melihat apa yang diinginkan oleh audien Anda.

Baca juga: Mengenal Digital Marketing Dan Pentingnya Untuk Pemasaran

Memulai Konten Pemasaran


Berikut adalah seperangkat singkat pedoman yang bisa Anda ikuti untuk memulai content marketing:

  • Pertama, menemukan alasan untuk mulai menggunakan content marketing. Mengetahui apa alasan dan tujuannya sebelum melakukan sesuatu adalah sesuatu yang sangat penting. Dalam beberapa tahun dari sekarang, mungkin aka nada orang akan mengatakan bahwa content marketing tidak lagi bekerja. Hal ini terjadi seperti di media social saat itu, orang yang mengatakan hal itu tidak bekerja karena mereka lupa untuk apa dan untuk siapa media social dibuat, dan hingga kini media social masih tetap eksis dan akun-akun baru terus bertambah.

  • Anda harus mengenali orang-orang yang berbeda tingkat pendidikan, social, ekonomi, jenis pelanggan dan prospek yang Anda inginkan. Memahami bagaimana mereka "bertindak", apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka akan menggunakan konten Anda.

  • Seringkali, konten terbaik bagi pelanggan Anda dan bisnis sudah dalam pikiran pelanggan Anda dan orang-orang dalam bisnis Anda. Anda hanya perlu menyajikannya dengan cara yang dapat difahami oleh semua orang.

  • Setelah Anda tahu konten apa yang Anda miliki, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang Anda butuhkan.

  • Sekarang, saatnya untuk menciptakan konten yang terorganisir dengan format terbaik dan memilih platform yang paling sesuai baik blog, email, video dan lain sebagainya. Ketahui format konten yang berbeda untuk calon pelanggan yang berbeda juga. Buatlah konten semenarik mungkin agar audien merasa nyaman dan merasa mendapat sesuatu yang baru dan konten yang Anda buat.

  • Pastikan konten yang Anda ciptakan membuat orang bertindak, Anda dapat melakukannya dengan cara mempromosikannya, berusahalah untuk bisa terhubung dengan audien dengan memberikan respon positif pada audien seperti misalnya terlibat langsung dalam diskusi tentang konten yang Anda buat.

  • Akhirnya, Anda harus melakukan pengetesan, mengukur, dan mengoptimalkan konten secara terus menerus. Mencoba berbagai jenis konten, menganalisis, memonitor pengeluaran dan selalu beradaptasi dengan hal-hal baru.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama