Mengembangkan strategi konten pemasaran yang sempurna untuk bisnis Anda adalah bukan hal mudah untuk dilakukan. Ada banyak tantangan konten marketing yang harus Anda hadapi dalam pembangunannya. Anda harus secara akurat mengidentifikasi target pelanggan Anda dan memahami masalah mereka. Anda harus mendefinisikan saluran media dan membangun panduan gaya editorial. Anda juga harus memastikan bahwa apa yang Anda sampaikan akan beresonansi terhadap audiens Anda tanpa menyesatkan mereka. Kita akan membahas tentang tantangan konten marketing dan bagaimana mengatasinya.

Tantangan Konten Marketing


Tantangan konten marketing akan selalu ada, bahkan setelah Anda berhasil membuat strategi dan juga telah menyelesaikan tantangan yang Anda hadapi sebelumnya. Ada tiga tantangan konten marketing yang akan terus Anda hadapi, yaitu:

  • Membuat konten agar tetap menarik

  • Membuat konten yang cukup

  • Menemukan anggaran agar tetap dapat eksis dalam membuat konten


Namun jangan khawatir, akan selalu ada cara untuk mengatasi setiap tantangan sepanjang Anda punya keinginan untuk mengatasinya. Keinginan yang diikuti dengan upaya akan menjadi daya bagi setiap tujuan yang ingin Anda capai. Mari kita lihat beberapa cara di mana Anda akan dapat memecahkan tantangan dalam pembangunan konten marketing:

Penelitian, penelitian, dan penelitian


Aturan pertama dalam membuat konten menarik yang tepat untuk audiens Anda adalah dengan cara melakukan penelitian. Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Jangan berasumsi bahwa Anda tahu persis apa jenis konten yang disukai dan dibutuhkan oleh audiens Anda.

  • Melakukan riset untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh pesaing Anda dalam melakukan hal yang sama.

  • Mengumpulkan umpan balik dari pelanggan Anda.

  • Lihat data dan analisis lalu lintas situs Web Anda.

  • Menguji halaman Web dan lakukanlah kampanye email.


Yang paling penting adalah jangan menganggap diri sebagai ahli tapi anggaplah diri Anda sebagai seorang pelajar dalam seni pemasaran konten.

Resist Konten Overkill


Seperti dalam kehidupan, di mana Anda tidak akan selalu membuat keputusan dengan benar; tidak setiap bagian konten yang Anda buat akan berfungsi dengan baik baik sebagaimana yang Anda harapkan. Laman web Anda mungkin memperlihatkan lalu lintas yang fantastis akan tetapi mungkin tidak mampu mendapatkan pelanggan sebanyak yang Anda harapkan. Hal ini akan menjadi bagian dari tantangan konten marketing yang harus Anda pecahkan.

Jangan panik dan melakukan spamming dengan blog.


Sebaliknya, gunakanlah waktu untuk menghasilkan konten berkualitas yang merupakan refleksi yang jelas dan menarik dari produk yang Anda miliki, hal ini akan jauh lebih membantu kredibilitas Anda di masa yang akan datang.

Caranya bukan dengan menghasilkan banyak konten acak tetapi buatlah konten yang baik dan teliti yang akan menawarkan nilai abadi kepada pelanggan Anda.

Tentukan Anggaran Konten Anda


Setelah Anda memahami apa jenis konten apa yang akan Anda buat, buatlah konten tersebut dengan bahasa yang menarik, enak dibaca dan informative. Buatlah konten yang mampu menjawab permasalahan yang sedang dihadapi oleh audien Anda. Konten yang baik bukanlah konten yang panjang namun tidak fokus dan terkesan bias, konten yang baik adalah konten yang informatif dan mampu memberikan solusi.

Untuk membuat konten yang baik, kadang dibutuhkan seseorang yang mamiliki keahlian dibidangnya. Untuk keperluan tersebut Anda perlu membentuk sebuah tim konten baik dengan kemampuan sumber daya yang Anda miliki maupun dari freelancer. Namun, pastikan bahwa Anda membayar orang yang tepat. Misalnya, seseorang dengan latar belakang jurnalistik akan mampu menulis blogposts dengan baik, sementara copywriter akan sangat membantu untuk pembuatan halaman Web Anda.

Baca juga: Saluran Media Konten Marketing Dan Strategi Optimasinya

Demikian beberapa tantangan konten marketing dan bagaimana cara memecahkannya, semoga mampu memberikan manfaat bagi Anda yang sedang menjalankan tugas ini atau yang sedang berencana membuat konten marketing.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama