Copywriting adalah keterampilan memilih kata yang tepat dan teknik pengaturan kata yang cerdas untuk mempromosikan bisnis, produk, layanan, ide, atau seseorang. Pemilihan kata-kata dan presentasi sangat tergantung pada media apa yang akan digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan. Sebagai contoh, penggunaan copywriting pada surat kabar, majalah, radio, televisi, atau internet, script akan dilakukan dengan cara yang berbeda-beda.

Namun, apapun jenis media, tujuan copywriting tetaplah sama yaitu untuk keperluan promosi. Oleh karena itu copywriting harus dibuat cukup persuasif agar dapat merebut perhatian audien.

Elemen Copywriting


Copywriting memiliki beberapa unsur penting yang diperlukan untuk membuat iklan yang meyakinkan. Berikut ini adalah unsur-unsur penting dalam copywriting:

Heading - Headline memberikan kesan pertama dan membekas di pikiran pembaca, oleh karena itu, harus eye-catching. Tulisan harus menggambarkan sesuatu yang ingin ditekankan dalam beberapa kata, mulai dari 3 sampai 30 kata.

Body copy - Menulis body copy harus dibuat sedemikian rupa sehingga mampu memberikan penjelasan yang detail namun dengan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti. Memberikan rincian semua fitur dan manfaat suatu produ maupun layanan yang diberikan. Bahasa harus menjanjikan dan dapat tentu saja harus dapat dipercaya.

Slogan – Sebagai Honda membuat slogan “one heart”, Lampu Philip “terus terang Philips terang terus” dan lain sebagainya. Slogan yang ditulis dan efektif adalah slogan yang mewakili sebuah merek yang dapat dipercaya. Slogan harus dibuat dengan menggunakan kata-kata yang singkat namun memberikan makna bagi produk Anda.

Tagline - Tagline biasanya digunakan untuk produk sastra untuk memperkuat memori penonton dari sebuah karya sastra. Misalnya, "Dia pergi mencari jawaban, dan menemukan cinta yang tidak pernah diharapkan, ' Judul buku " Setia "dan Penulis - Janet Fox, misalnya. Dengan demikian, tagline harus menceritakan intisari dari produk untuk tujuan pemasaran. Tagline harus harus dibuat ringkas dan eye-catching.

Jingle Lyrics - Lebih sering disertai dengan latar belakang musik, jingle lirik adalah slogan singkat, lagu, atau kata mutiara ditulis agar mudah diingat (terutama yang digunakan dalam iklan). Sebagai contoh, Fanta: "Wanna Fanta, Jangan Anda Ingin?" Harus dibuat singkat, berkesan dan berirama (seperti lagu) sehingga mudah diingat.

Script (untuk audio dan iklan video) -Scripts adalah deskripsi dari iklan yang menceritakan dialog, tindakan, ekspresi, dan gerakan karakter. Script adalah pedoman lengkap dari sebuah iklan; Oleh karena itu, harus ditulis dengan penuh arti, tertib, dan baik.

Lainnya - (White Paper, Siaran Pers, & bahan tertulis lainnya seperti email, artikel, dan blog (untuk internet)): Ini semua adalah promosi write-ups yang ditulis dengan tujuan untuk mempromosikan sebuah produk / jasa tertentu. Jadi, saat menulis press release, artikel, blog, atau bahkan email, Anda perlu fokus atau menekankan hanya pada satu produk yang ingin Anda promosikan. Anda juga harus menjelaskan semua fitur dan penawaran dari masing-masing produk dalam bahasa yang sederhana dan mudah difahami.

Seni Copywriting


Tujuan dasar dari iklan adalah untuk memikat orang. Hanya setelah mendapat perhatian dari audien, iklan akan dapat membangkitkan minat dan keinginan audien untuk membeli produk yang diiklankan. Oleh karena itu, harus dibuat eye-catching dan menarik. Copywriter memainkan peran sangat penting dalam industri periklanan, karena mereka adalah orang-orang yang mampu memilih kata yang tepat atau frase untuk menghubungkan produk tertentu dengan konsumen.

Copywriting adalah seni menulis kreatif dan persuasif yang seharusnya memiliki kekuatan untuk menjual produk atau ide. Salah satu teknik yang paling tradisional, namun berhasil copywriting adalah "AIDA" yaitu Attention, Interest, Desire, dan Action.

Teknik copywriting


Berikut ini adalah teknik copywriting persuasif :

  • Gunakan kata-kata Action, seperti menonton, melihat, bertanya, mendapatkan, dll

  • Gunakan kata istilah – istilah yang eye-catching seperti sekarang, hari ini, dll

  • Gunakan kata-kata yang Menyenangkan atau emotif - Seperti luar biasa, hebat, indah, dll

  • Gunakan Aliterasi - Gunakan kata-kata bermakna suara yang sama.
    Gunakan kata-kata Colloquial - Colloquialisms di copywriting cukup populer dan efektif. Misalnya, 'Pilih' n Pilih. '

  • Gunakan Tanda Baca - Penggunaan tanda baca dan tata bahasa merupakan aspek penting sehingga Anda dapat memberikan pesan yang tepat pada iklan Anda.


Tips Menulis Headlines



  • Cobalah untuk menjaga judul sesingkat mungkin (5 sampai 10 kata-kata yang ideal).

  • Gunakan kata-kata yang bermakna dan mencolok untuk membuat tulisan yang persuasif.

  • Cobalah untuk menggunakan nama merek dalam judul.

  • Tetap dengan jenis huruf dalam judul.


Tips Menulis Sub Pos



  • Subpos harus mendukung judul.

  • Harus menarik sehingga pembaca terkesan untuk membaca body copy.

  • Gunakan kata-kata minimum, namun bermakna dan menarik pada subpos.


Tips Menulis Body Copy



  • Cobalah untuk menjaga kalimat dalam format present tense.

  • Gunakan kata-kata sederhana dan akrab.

  • Jauhkan kalimat kecil, namun tidak kehilangan hubungan antara kalimat.

  • Gunakan kata benda tunggal.

  • Gunakan kata kerja aktif.

  • Sampaikan pesan seolah-olah itu adalah informasi baru untuk lebih menarik perhatian.

  • Hindari menggunakan bahasa klise dan kata-kata superlatif.


Baca juga: Memahami Branding Management Lebih Detail

Hal-hal yang harus dihindari



  • Menggunakan kata atau kalimat yang tidak jelas.

  • Terlalu banyak menggunakan kata sifat.

  • Menyalin kalimat orang lain '(masalah Copyright).

  • Menggunakan kata-kata asing.

  • Bohong dan tidak menjanjikan sesuatu yang tidak ada.

  • Menggunakan terlalu banyak kata-kata.

  • Pesan Anda tidak boleh melanggar hak atau perasaan siapa pun; Anda harus jujur dan benar.


Demikian beberapa hal yang terkait dengan tips copywriting, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama