Dalam istilah yang sederhana, digital marketing adalah merupakan aktifitas promosi produk atau merek melalui satu atau lebih dari media elektronik. digital marketing sering juga disebut sebagai online marketing, internet marketing atau kadang juga disebut sebagai web marketing.
Pemasaran digital telah banyak dilakukan oleh para praktisi pemasaran dalam beberapa waktu terakhir seiring dengan perkembangan internet, akan tetapi belum didefinisikan dengan baik. Kita cenderung berpikir bahwa digital marketing mencakup iklan banner, mesin pencari optimasi (SEO) dan pay per klik. Namun, ini adalah definisi yang terlalu sempit, karena digital marketing juga termasuk e-mail, RSS, broadcasting, faks broadcast, blogging, podcasting, video stream, pesan teks nirkabel, dan pesan instan. So, digital marketingmemiliki cakupan yang sangat luas.
Internet adalah sarana yang sangat efektif untuk memasarkan produk, membuat branding menyebarkan informasi dan lain sebagainya. Di era digital seperti saat ini banyak orang menggunakan internet untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi tentang berbagai hal. Hal tersebut juga didukung dengan berbagai kemudahan dalam penggunaannya bahkan Anda dapat melakukannya secara gratis. Anda dapat memasarkan produk dengan menggunakan media social, blog, email marketing, broadcasting dan lain sebagainya.
Dalam pemasaran digital, mesin pelapor dapat memberikan laporan kegiatan pemasaran secara lengkap yang memungkinkan bagi sebuah organisasi atau pemilik merek produk tertentu untuk memantau secara real-time bagaimana kinerja kegiatan pemasaran yang telah dilakukan, seperti misalnya apa yang sedang dilihat, seberapa sering, berapa lama, serta hal-hal lainnya seperti tindakan yang dilakukan audien tingkat respons dan pembelian yang dilakukan.
Penggunaan digital marketing di era digital tidak hanya memungkinkan bagi merek sebuah produk untuk pemasaran dan layanan akan tetapi juga menawarkan dukungan pelanggan online melalui layanan 24x7 untuk membuat pelanggan merasa didukung dan dihargai.
Penggunaan media sosial dalam interaksi digital marketing juga memungkinkan aktifitas pemasaran untuk menerima umpan balik positif dan negatif dari pelanggan, serta dapat digunakan untuk menentukan platform media apa yang bekerja dengan baik dan tidak.
Pemasaran digital marketing memberikan keuntungan peningkatan terhadap merek maupun bisnis. Saat ini sudah menjadi sesuatu yang umum bagi konsumen untuk mengirim umpan balik secara online melalui sumber-sumber media sosial, blog, dan situs tentang pengalaman konsumen terhadap produk atau merek.
Baca juga: Tool Konten Marketing Penting Dalam Pembuatan Konten Marketing
Tidak mengherankan, jika miliaran dolar anggaran pemasaran yang dihabiskan untuk saluran tradisional sudah mulai bergeser ke kampanye pemasaran digital dan ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan internet.
Pemasaran digital telah banyak dilakukan oleh para praktisi pemasaran dalam beberapa waktu terakhir seiring dengan perkembangan internet, akan tetapi belum didefinisikan dengan baik. Kita cenderung berpikir bahwa digital marketing mencakup iklan banner, mesin pencari optimasi (SEO) dan pay per klik. Namun, ini adalah definisi yang terlalu sempit, karena digital marketing juga termasuk e-mail, RSS, broadcasting, faks broadcast, blogging, podcasting, video stream, pesan teks nirkabel, dan pesan instan. So, digital marketingmemiliki cakupan yang sangat luas.
Digital Marketing, kenapa tidak?
Internet adalah sarana yang sangat efektif untuk memasarkan produk, membuat branding menyebarkan informasi dan lain sebagainya. Di era digital seperti saat ini banyak orang menggunakan internet untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi tentang berbagai hal. Hal tersebut juga didukung dengan berbagai kemudahan dalam penggunaannya bahkan Anda dapat melakukannya secara gratis. Anda dapat memasarkan produk dengan menggunakan media social, blog, email marketing, broadcasting dan lain sebagainya.
Mengapa Digital Marketing?
Dalam pemasaran digital, mesin pelapor dapat memberikan laporan kegiatan pemasaran secara lengkap yang memungkinkan bagi sebuah organisasi atau pemilik merek produk tertentu untuk memantau secara real-time bagaimana kinerja kegiatan pemasaran yang telah dilakukan, seperti misalnya apa yang sedang dilihat, seberapa sering, berapa lama, serta hal-hal lainnya seperti tindakan yang dilakukan audien tingkat respons dan pembelian yang dilakukan.
Penggunaan digital marketing di era digital tidak hanya memungkinkan bagi merek sebuah produk untuk pemasaran dan layanan akan tetapi juga menawarkan dukungan pelanggan online melalui layanan 24x7 untuk membuat pelanggan merasa didukung dan dihargai.
Penggunaan media sosial dalam interaksi digital marketing juga memungkinkan aktifitas pemasaran untuk menerima umpan balik positif dan negatif dari pelanggan, serta dapat digunakan untuk menentukan platform media apa yang bekerja dengan baik dan tidak.
Pemasaran digital marketing memberikan keuntungan peningkatan terhadap merek maupun bisnis. Saat ini sudah menjadi sesuatu yang umum bagi konsumen untuk mengirim umpan balik secara online melalui sumber-sumber media sosial, blog, dan situs tentang pengalaman konsumen terhadap produk atau merek.
Baca juga: Tool Konten Marketing Penting Dalam Pembuatan Konten Marketing
Tidak mengherankan, jika miliaran dolar anggaran pemasaran yang dihabiskan untuk saluran tradisional sudah mulai bergeser ke kampanye pemasaran digital dan ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan internet.
Posting Komentar