Beberapa iklan yang diterbitkan baik di media cetak atau ditampilkan di media elektronik sering membuat orang merasa takjub, meskipun faktanya bahwa mereka tidak membutuhkan produk itu. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Semuanya tidak bisa lepas dari desain iklan kreatif yang lahir dari kepiawaian tangan-tangan kreatif pembuat desain iklan tersebut. Memang dibutuhkan ketrampilan dan ide brilian untuk membuat desain iklan kreatif. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara membuatnya.

Deasain iklan kreatif dapat membuat banyak orang kagum karena desainnya yang indah, komunikatif, dan eksekusi yang menarik. Dengan demikian, desain iklan kreatif adalah salah satu fitur yang paling fundamental dari pembuatan iklan.

Apa Itu Desain Iklan Kreatif?


Tak ada formula ajaib atau aturan yang telah ditetapkan untuk menggabungkan garis, warna, gambar, tipografi, dan elemen grafis lain untuk membuat iklan eye-catching. Namun, desain tergantung pada kebutuhan klien dan fitur, fungsi, penampilan, dan sifat produk.

Mengatur tata letak dan desain akan memiliki efek yang mengesankan pada konsumen. Desain cerdas diartikulasikan sebagai desain yang memiliki kekuatan untuk mendorong audien untuk melakukan sesuatu sesuai tujian iklan atau dengan kata lain secara halus memaksa orang untuk membeli produk atau melakukan sesuatu.

Bagaimana Cara Membuat Design Iklan Kreatif?


Merancang desain iklan mencakup semua tentang ide kreatif. Perlu difahami bahwa Ide desain iklan kreatif tergantung pada pemahaman yang jelas tentang tujuan proyek iklan itu sendiri. Setelah proyek jelas, hal yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar skala kecil untuk memahami perilaku pelanggan potensial.

Punchline, judul eye-catching, body konten ringkas, dan gambar yang relevan (jika ada yang diperlukan) harus dipersiapkan terlebih dahulu. Dengan dukungan peralatan yang diperlukan Anda dapat mengembangkan desain kreatif.

desain iklan


Strategi Desain Iklan Kreatif


Ide yang jelas dan strategi yang tepat adalah bagian integral dari desain iklan kreatif. Strategi tersebut meliputi beberapa komponen penting seperti -

Sederhana - Cobalah untuk menjaga tata letak yang sederhana. Menempatkan gambar besar di atas, judul di bawahnya, body konten di tengah, dan letakkan logo dan alamat di sisi kanan di bagian bawah.

Balance - Untuk fokus pada beberapa poin, Anda perlu membuat simetri dalam desain. Bagian penting dari merancang desain iklan kreatif adalah mengatur semua elemen termasuk gambar, blok, berita utama, tubuh konten, dan ilustrasi sehingga tampak seimbang.

Proporsi - Ukuran dan warna dari semua elemen grafis harus ditentukan oleh signifikansi dan ilustrasi di sekitarnya ilustrasi. Misalnya, ide penting, gambar, atau desain harus lebih besar, lebih cerah, dan lebih berani sehingga akan Nampak berbeda dengan unsur-unsur lainnya (seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah).

Unity - Pertama Anda harus mengetahui titik fokus dari iklan di mana Anda ingin agar orang yang melihatnya akan lebih fokus. Setelah selesai, sorot sebagai titik sentral dengan meredupkan area sekitarnya dan latar belakang desain juga warna. Satu hal yang harus selalu diingat adalah bahwa semua elemen desain Anda - bahasa visual dan presentasi harus dalam satu kesatuan.

Kontras – Buatlah sesain iklan dalam warna dan pencahayaan yang kontras sehingga bisa menarik perhatian orang. Misalnya, di antara sekelompok mangga, Anda menempatkan apel untuk menarik perhatian.

Konsistensi - Menjaga konsistensi. Konsistensi halaman ke halaman sangat diperlukan untuk iklan eye-catching. Ini akan membantu orang memahami makna dari berbagai elemen iklan.

Foto Desain - Secara umum, foto adalah hal pertama untuk menarik perhatian. Pemilihan foto yang baik dan menempatkannya secara cerdas dalam iklan adalah cara lain yang cukup smart untuk menarik perhatian orang (lihat gambar di bawah).

Desain iklan

Kedekatan - Kedekatan adalah salah satu elemen yang paling penting dari desain kreatif. Ini akan memaksa desainer iklan untuk berpikir untuk semaksimal mungkin melakukannya. Oleh karena itu, merancang kedekatan adalah tugas otak. Misalnya, iklan Rokok Marlboro, Desainer iklan ini secara cerdas menggabungkan mitos, kombinasi rokok, kuda, koboi, dan citra pedesaan Old West.

Color Design - Pemilihan warna juga merupakan tugas yang sangat penting. Biasanya, warna hitam dan putih adalah perpaduan warna yang membosankan. Meskipun beberapa permintaan iklan kadang meminta warna hitam dan warna putih.

Desain Iklan yang membutuhkan warna dengan paduan warna berwarna-warni, perlu dirancang sangat hati-hati dalam menjaga konsistensi dan proporsi. Penggunaan warna dan kecerahan secara berlebihan akan mengalihkan perhatian audien.

Setelah komponen seperti diatas diperoleh, jangan buru-buru dipublikasikan tanpa memeriksa hal-hal berikut -

  • Apakah iklan menggambarkan semua elemen dalam bentuk yang seimbang?

  • Apakah iklan memiliki semua elemen penting termasuk, lucunya / judul, logo, konten, harga, dan ilustrasi yang seimbang?

  • Apakah iklan membuat janji-janji palsu?

  • Apakah iklan mengandung unsur yang menipu?

  • Apakah iklan terdiri dari komponen yang jelas, tepat, dan presentasi mengena?


Periksa progress



  • Apakah desain iklan sudah kreatif?

  • Apakah desain iklan telah menggambarkan fitur yang paling penting dari sebuah bisnis?

  • Apa yang Anda mengerti dengan 'strategi desain kreatif'?
    Poin spa saja yang perlu diperiksa setelah mengembangkan desain kreatif?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama