Produk bagus dan layanan yang baik hanya akan diketahui oleh pemiliknya dan orang-orang terdekat saja jika tanpa diikuti dengan upaya melakukan promosi dan kampanye produk. Promosi adalah upaya yang dilakukan untuk mengenalkan produk dan layanan kepada calon pelanggan. Mempromosikan produk dapat dilakukan dengan banyak hal, namun demikian ada beberapa strategi promosi yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Strategi promosi dan kampanye produk bukanlah hal yang sulit dilakukan jika Anda memahami tekhnik-tekhnik untuk melakukannya. Kampanye produk dan promosi adalah kegiatan dan teknik untuk membuat produk Anda agar populer di kalangan pelanggan.

Apa Maksud Kampanye Produk?


Kampanye produk adalah upaya yang terfokus untuk mempromosikan produk/jasa yang ditargetkan untuk jangka waktu yang singkat. Kampanye produk dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media komunikasi seperti pamflet, spanduk, warung pinggir jalan, peristiwa, dan lain sebagainya.

Tujuan Kampanye Produk


Ada beberapa tujuan yang dapat dicapai dari kampanye  yang dilakukan, tujuan tersebut antara lain:

  • Memberitahu orang - tentang peluncuran produk / layanan baru.

  • Memberitahu orang - di mana tersedia.

  • Memberitahu orang - berapa harganya

  • Memberitahu orang - dari kapan dan berapa lama akan tersedia.

  • Memberitahu orang - apa saja fitur khusus dari produk/jasa yang bersangkutan.


Kampanye Produk Yang Efektif


Kampanye yang efektif adalah kampanye yang menghasilkan respon positif setelah dilakukan kampanye dalam waktu yang singkat. Untuk membuat kampanye, yang paling efektif dan berorientasi terhadap hasil, Anda harus fokus pada aspek-aspek berikut -

  • Siapa - Merupakan sasaran atau target pasar

  • Di mana - Merupakan lokasi dimana Anda akan melakukan kampanye produk.

  • Apa - Pesan apa yang perlu diberikan untuk audiens target Anda.

  • Mengapa - Tujuan dari kampanye yang ingin Anda lakukan

  • Kapan - Jadwal dari rencana kampanye produk yang akan Anda lakukan.

  • Bagaimana – Adalah bahwa Anda perlu merencanakan, bagaimana Anda akan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk menjalankan kampanye Anda.
    .


Perencanaan Kampanye


Perencanaan adalah aspek yang paling penting dari kampanye yang akan Anda lakukan. Ada serangkaian langkah yang dimulai dari perencanaan sampai eksekusi; Oleh karena itu, setiap langkah harus didefinisikan secara memadai.

Perencanaan tidak hanya mencakup bagaimana kampanye akan dilakukan, anggaran apropriasi, dan bagian eksekusi, melainkan juga termasuk tahap setelah dilakukannya. Setelah kampanye dilakukan, Anda membutuhkan adanya umpan balik dari audien Anda. Evaluasi terhadap adanya umpan balik adalah cara yang sangat baik untuk mengetahui Return on Investment (ROI). Hal ini juga merupakan pelajaran bagi kampanye berikutnya.

Baca juga: Strategi Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya

Proses kampanye produk


Proses dari kampanye biasanya dilakukan dalam beberapa langkah, berikut ini langkah-langkah dalam menjalankan kampanye produk:

  • Langkah 1: Perencanaan - Mendefinisikan tujuan kampanye - Spekulasi masalah

  • Langkah 2: Anggaran perampasan - Menemukan Solusi untuk masalah - Identifikasi sasaran dan lokasi

  • Langkah 3: Membuat rencana penggunaan media - Penciptaan pesan kampanye yang efektif

  • Langkah 4: Pengaturan peralatan - Pelaksanaan kampanye

  • Langkah 5: Evaluasi efektivitas kampanye dan umpan balik


Periksa progress


Untuk mengavaluasi sejauh mana efektifitas kampanye yang Anda lakukan, Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut ini;

  • Kampanye apa yang Anda lakukan?

  • Apakah kampanye yang Anda lakukan menghasilkan manfaat dari produk/jasa yang Anda kampanyekan?

  • Sejauh mana efektifitas kampanye yang Anda lakukan?

  • Apakah kampanye yang Anda lakukan sudah sesuai dengan rencana yang Anda buat?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama