Sebelum Anda mulai membuat proyek pertama Anda membuat aplikasi Hello World dengan menggunakan SDK Android, Anda harus memastikan bahwa Anda telah melakukan environment set-up Android Anda dengan benar. Anda dapat membaca kembali dalam artikel sebelumnya yang berjudul Cara Melakukan Setup Environment Android , Oke saya menganggap bahwa Anda telah memiliki sedikit pengetahuan tentang Eclipse IDE untuk membuat aplikasi Hello World ini. Berikut ini langkah-langkah pembuatan aplikasi Android sederhana yaitu aplikasi Hello World.

Membuat Aplikasi Hello Wprld Android


Langkah pertama adalah untuk membuat aplikasi Android sederhana menggunakan Eclipse IDE. Ikuti opsi File -> New -> Project dan terakhir pilih Android New Application Wizard dari wizard list. Sekarang nama aplikasi Anda disebut sebagai aplikasi HelloWorld menggunakan jendela wizard sebagai berikut:

aplikasi hello world

Selanjutnya, ikuti petunjuk yang disediakan dan simpan semua entri lain sebagai default sampai langkah terakhir. Setelah Anda berhasil membuatnya, Anda akan memiliki project screen seperti dibawah ini:

hello_android_project

Anatomi Aplikasi Android


Sebelum Anda menjalankan aplikasi Anda, Anda harus memahami beberapa direktori dan file dalam Android project seperti dibawah ini -

[caption id="attachment_7012" align="aligncenter" width="1280"]aplikasi hello world Komponen penting aplikasi hello world[/caption]

Okay.. Marilah kita fahami istilah-istilah tersebut, baca baik-baik penjelasan dibawah ini

1. src


Ini berisi .java source file untuk project Anda. Secara default, itu termasuk file sumber MainActivity.java yang memiliki kelas aktivitas yang berjalan saat aplikasi Anda diluncurkan menggunakan ikon aplikasi.

2. gen


Ini berisi file .R file, compiler-generated yang dihasilkan dari referensi semua sumber daya yang ditemukan dalam proyek Anda. Anda tidak harus memodifikasi file ini.

3. bin


Folder ini berisi file-file paket Android .apk yang dibangun oleh ADT selama proses pembuatan dan segala sesuatu yang diperlukan untuk menjalankan sebuah aplikasi Android.

4 res / drawable-hdpi


Ini adalah direktori untuk objek drawable yang dirancang untuk layar high-density.

5 res / layout


Ini adalah direktori untuk file yang mendefinisikan antarmuka pengguna aplikasi Anda.

6 res / values


Ini adalah direktori untuk berbagai file XML lain yang berisi kumpulan sumber daya, seperti string dan warna definisi.

7 AndroidManifest.xml


Ini adalah file manifest yang menggambarkan karakteristik mendasar dari aplikasi dan mendefinisikan masing-masing komponennya.

Berikut ini adalah bagian yang akan memberikan beberapa gambaran singkat dari file aplikasi penting.

Aktivitas Pokok File


Kode Kegiatan utama adalah file Java MainActivity.java. Ini adalah file aplikasi yang sebenarnya yang pada akhirnya akan dikonversi menjadi executable Dalvik dan yang akan menjalankan aplikasi Anda. Berikut ini adalah kode default yang dihasilkan oleh wizard aplikasi Hello World: -
package com.example.helloworld;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.Menu;
import android.view.MenuItem;
import android.support.v4.app.NavUtils;

public class MainActivity extends Activity {

@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView
(R.layout.activity_main);
}

@Override
public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
getMenuInflater
().inflate(R.menu.activity_main, menu);
return true;
}
}

Di sini, R.layout.activity_main mengacu pada file activity_main.xml yang terletak di res / layout folder. Metode onCreate () adalah salah satu dari banyak metode yang dibentuk ketika suatu kegiatan dimuat.

Manifest File


Apapun komponen yang Anda buat sebagai bagian dari aplikasi Anda, Anda harus menyatakan semua komponen dalam manifest.xml yang berada pada akar direktori proyek aplikasi. File ini bekerja sebagai antarmuka antara OS Android dan aplikasi Anda, jadi jika Anda tidak mendeklarasikan komponen Anda dalam file ini, maka tidak akan dianggap oleh OS. Misalnya, default file manifest akan terlihat seperti berkas berikut ini -
<manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
package="com.example.helloworld"
android:versionCode="1"
android:versionName="1.0" >

<uses-sdk
android:minSdkVersion="8"
android:targetSdkVersion="22" />

<application
android:icon="@drawable/ic_launcher"
android:label="@string/app_name"
android:theme="@style/AppTheme" >

<activity
android:name=".MainActivity"
android:label="@string/title_activity_main" >

<intent-filter>
<action android:name="android.intent.action.MAIN" />
<category android:name="android.intent.category.LAUNCHER"/>
</intent-filter>

</activity>

</application>
</manifest>

Berikut <application> ... </ application> tag tertutup komponen yang terkait dengan aplikasi. Atribut android:icon akan menunjuk ke ikon aplikasi yang tersedia di bawah res / drawable-hdpi. Aplikasi ini menggunakan gambar bernama ic_launcher.png yang terletak pada folder drawable.

Tag <Activity> digunakan untuk menentukan suatu kegiatan dan atribut android:name menentukan nama kelas yang memenuhi syarat dari subclass Activity dan atribut android:label menentukan string untuk digunakan sebagai label untuk kegiatan tersebut. Anda dapat menentukan beberapa kegiatan dengan menggunakan tag <activity>.

action untuk intent filter adalah android.intent.action.MAIN untuk menunjukkan bahwa kegiatan ini berfungsi sebagai entry point untuk aplikasi. Kategori untuk intent-filter adalah android.intent.category.LAUNCHER untuk menunjukkan bahwa aplikasi dapat diluncurkan dari ikon peluncur perangkat.

@string mengacu kepada file strings.xml yang akan dijelaskan di bagian bawah. Oleh karena itu, @ string/app_name mengacu pada string app_name yang didefinisikan dalam file strings.xml, yang merupakan "HelloWorld". Cara yang sama, untuk string lain bisa diisi dalam aplikasi.

Berikut ini adalah daftar dari tag yang akan Anda gunakan dalam file manifest Anda untuk menentukan berbagai komponen aplikasi Android:

  1. <Activity> elemen untuk kegiatan

  2. <Service> elemen untuk layanan

  3. <Penerima> elemen untuk penerima broadcast

  4. <Provider> elemen untuk penyedia konten


Strings File


File strings.xml terletak pada folder res/value dan berisi semua teks yang menggunakan aplikasi Anda. Sebagai contoh, nama-nama tombol, label, teks default, dan jenis serupa dari string masuk dalam file ini. File ini bertanggung jawab untuk konten tekstual. Sebagai contoh, sebuah file string default akan terlihat seperti berkas berikut ini-
<resources>
<string name="app_name">HelloWorld</string>
<string name="hello_world">Hello world!</string>
<string name="menu_settings">Settings</string>
<string name="title_activity_main">MainActivity</string>
</resources>

R File


File gen/com.example.helloworld/R.java adalah perekat antara aktivitas file Java seperti MainActivity.java dan sumber daya seperti strings.xml. Ini adalah file yang bekerja secara otomatis dan Anda tidak perlu mengubah isi dari file R.java. Berikut ini adalah contoh file R.java -
/* AUTO-GENERATED FILE.  DO NOT MODIFY.
*
* This class was automatically generated by the
* aapt tool from the resource data it found. It
* should not be modified by hand.
*/


package com.example.helloworld;

public final class R {
public static final class attr {
}

public static final class dimen {
public static final int padding_large=0x7f040002;
public static final int padding_medium=0x7f040001;
public static final int padding_small=0x7f040000;
}

public static final class drawable {
public static final int ic_action_search=0x7f020000;
public static final int ic_launcher=0x7f020001;
}

public static final class id {
public static final int menu_settings=0x7f080000;
}

public static final class layout {
public static final int activity_main=0x7f030000;
}

public static final class menu {
public static final int activity_main=0x7f070000;
}

public static final class string {
public static final int app_name=0x7f050000;
public static final int hello_world=0x7f050001;
public static final int menu_settings=0x7f050002;
public static final int title_activity_main=0x7f050003;
}

public static final class style {
public static final int AppTheme=0x7f060000;
}
}


File Layout


activity_main.xml adalah file layout yang tersedia di res direktori/layout, yang direferensikan oleh aplikasi ketika membangun antarmuka. Anda akan memodifikasi file ini sangat sering untuk mengubah tata letak aplikasi Anda. Untuk aplikasi Hello World Anda, file berikut ini yang berhubungan dengan layout default -
<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent" >

<TextView
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_centerHorizontal="true"
android:layout_centerVertical="true"
android:padding="@dimen/padding_medium"
android:text="@string/hello_world"
tools:context=".MainActivity" />

</RelativeLayout>

Ini adalah contoh dari RelativeLayout sederhana yang akan kita pelajari dalam bab tersendiri. TextView adalah kontrol Android yang digunakan untuk membangun GUI yang memiliki berbagai atribut seperti android:layout_width, android:layout_height dan lain-lain yang sedang digunakan untuk mengatur lebar dan tinggi layar. @string yang mengacu ke file strings.xml terletak pada folder res/values. Oleh karena itu, @string/hello_world mengacu pada string hello yang didefinisikan dalam file strings.xml, yang merupakan "Hello World!"


Menjalankan Aplikasi Hello World


Selanjutnya Mari kita coba untuk menjalankan aplikasi Hello World yang sudah kita buat. Saya berasumsi bahwa Anda telah telah sukses menciptakan AVD Anda saat melakukan environment set-up. Untuk menjalankan aplikasi dari Eclipse, buka salah satu file yang telah Anda buat dan klik icon Run Eclipse Run Icon dari tool bar.Jika semuanya baik-baik saja pada set-up dan aplikasi, maka akan muncul tampilan jendela Emulator seperti berikut ini -

aplikasi hello world

Selamat!!! Anda telah berhasil membuat aplikasi Android pertama Anda yaitu aplikasi Hello World dan selanjutnya ikutilah tutorial berikutnya secara bertahap untuk menjadi Developer Android. Ada begitu banyak tool yang tersedia untuk mengembangkan aplikasi android.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama