Mendefinisikan strategi komunikasi pemasaran bukanlah tugas yang mudah karena tergantung pada variabel yang berbeda. Rencana dan integrasi semua alat komunikasi harus berorientasi untuk satu tujuan. Pada tahun 1997, Smith et al mendefinisakan strategi komunikasi pemasaran sebagai -
"Pesan atau urutan pesan yang harus dibagi kepada audien tertentu melalui penggabungan komunikasi optimal."
Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat menuju kemenangan
Taktik tanpa strategi adalah kebisingan sebelum kekalahan. " -Sun Tzu


Fitur Strategi komunikasi Pemasaran


Sebelum Anda membuat strategi komunikasi pemasaran, Anda perlu mempertimbangkan tiga hal berikut ini seperti yang disarankan oleh Micael Dahlen et al (2003) -

  • Sasaran – Siapa target pemasaran yang akan dicapai

  • Pesan Persuasif - Apa yang ingin kita katakan kepada mereka

  • Channel - Bagaimana kita akan menyampaikan hal itu.



Proses Komunikasi Pemasaran Strategi


[caption id="attachment_8355" align="aligncenter" width="460"]strategi-marketing1 Proses Strategi Komunikasi Pemasaran[/caption]

Untuk membuat strategi yang terencana dan berorientasi hasil, Anda harus mengikuti proses strategis. Diagram berikut ini menggambarkan komponen penting dari proses strategi komunikasi pemasaran.

Perencanaan Komunikasi Pemasaran


[caption id="attachment_8356" align="aligncenter" width="326"]strategi-marketing2 Komunikasi Perencanaan Pemasaran[/caption]

Perencanaan dan strategi komunikasi marketing adalah hal yang cukup membingungkan dan banyak kali digunakan secara bergantian. Namun, perbedaan yang paling signifikan antara keduanya adalah - perencanaan adalah masalah internal dan strategi adalah masalah eksternal perusahaan. Keduanya adalah perencanaanyang mendukung strategi untuk mendapatkan sesuatu yang ingin dicapai. Diagram berikut menggambarkan tentang bagaimana mestinya Perencanaan Strategi Komunikasi Pemasaran yang seharusnya dilakukan.

Mengubah Trend Komunikasi Pemasaran


Saat ini, tren iklan dan komunikasi pemasaran telah berubah. Banyak perusahaan termasuk Adidas, Nike, Coca-Cola, dll, lebih menekankan pada pemasaran digital.

Misalnya, sesuai laporan – strategi baru kampanye Nike masa depan adalah "Kompetisi melalui Social Media." Nike telah mengurangi anggaran pemasaran tradisional sebesar 40%. strategi barunya adalah menargetkan audiens dalam kelompok usia 15-25 melalui media sosial.

Baca juga: Tool Konten Marketing Penting Dalam Pembuatan Konten Marketing

Contoh lain dari strategi komunikasi marketing seperti yang dilakukan oleh Adidas. Strategi utama kelompok yang dimiliki oleh Adidas antara lain:

  • Keragaman Merek Portfolio

  • Investasi Fokus pada Potensi Pasar tertinggi dan Saluran

  • Membuat Rantai Pasokan yang Fleksibel

  • Memimpin Melalui Inovas

  • Menjadi Perusahaan Berkelanjutan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama