Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda buat dan kemudian menemukan jawabannya sebelum Anda membuat iklan yang terarah dan tepat sasaran. Oleh karena itu diperlukan adanya riset iklan sebelum pembuatan iklan dimulai. Beberapa pertanyaan di bawah ini akan membantu Anda sebelum riset iklan dilakukan:
Dan mungkin Anda msih memiliki beberapa pertanyaan lain untuk melengkapinya, namun demikian yang tidak kalah penting adalah bagaimana Anda mendapatkan jawabannya. Dan jawban dari semua itu dapat Anda peroleh dengan melakukan riset iklan.
Riset Iklan adalah teknik analisis ilmiah yang dilakukan secara mendalam terhadap perilaku konsumen dalm merespon sebuah iklan.
Riset iklan dilakukan melalui proses, yang melibatkan pengumpulan komponen iklan secara sistematis, pencatatan, dan analisis data yang terkait dengan efektivitas iklan.
Tujuan Riset Iklan
Saat Anda memiliki produk baru yang bagus dan memiliki manfaat bagi orang banyak, produk tersebut hanya akan berhenti ditangan Anda atau orang-orang disekitar Anda saja jika tanpa disertai dengan upaya mengiklankannya. Salah satu upaya yang paling jitu untuk memasarkan produk adalah dengan mengiklankan produk tersebut. Iklan akan dapat berfungsi secara maksimal sesuai dengan harapan jika sebelumnya dilakukan penelitian terhadap aspek-aspek yang berkaitan dengannya. Oleh karena itu diperlukan adanya riset iklan sebelum iklan dibuat dan diluncurkan. Riset iklan diperlukan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya sebuah iklan, selain itu melelui riset akan mempermudah perencanaan serta strategi pemasaran produk / jasa. Berikut ini manfaat dari advertising research:
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum riset iklan dilakukan, berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menunjang keberhasilan riset iklan:
Baca juga: Tips Cara Membuat Desain Iklan Kreatif
Melakukan riset iklan sebelum meluncurkan produk baru sebelum mendukung pemasaran dengan menggunakan iklan memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut antara lain:
- Mengapa konsumen lebih memilih beberapa merek tertentu dibandingkan dengan merk lainnya?
- Apa yang membuat mereka memilih, membeli, dan berinvestasi dalam beberapa produk / jasa milik orang lain?
- Hal-hal apa saja yang dapat memotivasi untuk melakukannya?
- Apa persepsi konsumen terhadap layanan atau produk yang mereka pilih dan yang tidak mereka pilih?
- Apakah iklan benar-benar mengubah perilaku konsumen?
Dan mungkin Anda msih memiliki beberapa pertanyaan lain untuk melengkapinya, namun demikian yang tidak kalah penting adalah bagaimana Anda mendapatkan jawabannya. Dan jawban dari semua itu dapat Anda peroleh dengan melakukan riset iklan.
Apa yang dimaksud dengan Advertising Research?
Riset Iklan adalah teknik analisis ilmiah yang dilakukan secara mendalam terhadap perilaku konsumen dalm merespon sebuah iklan.
Riset Iklan
Riset iklan dilakukan melalui proses, yang melibatkan pengumpulan komponen iklan secara sistematis, pencatatan, dan analisis data yang terkait dengan efektivitas iklan.
Tujuan Riset Iklan
Saat Anda memiliki produk baru yang bagus dan memiliki manfaat bagi orang banyak, produk tersebut hanya akan berhenti ditangan Anda atau orang-orang disekitar Anda saja jika tanpa disertai dengan upaya mengiklankannya. Salah satu upaya yang paling jitu untuk memasarkan produk adalah dengan mengiklankan produk tersebut. Iklan akan dapat berfungsi secara maksimal sesuai dengan harapan jika sebelumnya dilakukan penelitian terhadap aspek-aspek yang berkaitan dengannya. Oleh karena itu diperlukan adanya riset iklan sebelum iklan dibuat dan diluncurkan. Riset iklan diperlukan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya sebuah iklan, selain itu melelui riset akan mempermudah perencanaan serta strategi pemasaran produk / jasa. Berikut ini manfaat dari advertising research:
- Mengetahui Pola Attitudinal - Sebuah penelitian menyeluruh akan mampu memprediksi sikap konsumen terhadap produk tertentu. Analisis ini akan dapat mengetahui perubahan pola sikap dari wilayah geografis. Mengetahui sikap konsumen sangat penting sebelum meluncurkan produk baru dan ikla nya.
- Mengetahui aksi dan reaksi konsumen – Penelitian, catatan serta analisis terhadap konsumen untuk mengetahui aksi dan reaksi konsumen mengenai produk / layanan tertentu.
- Menghasilkan Analisis - Berdasarkan penelitian dan analisis, Anda dapat merancang dan mengembangkan materi iklan, agar efektif dalam mempengaruhi konsumen.
Sarana dan prasarana riset iklan.
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum riset iklan dilakukan, berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menunjang keberhasilan riset iklan:
- Peralatan Penelitian - Ini adalah kebutuhan dasar dari iklan iklan. Yang termasuk dalam komponen ini adalah tenaga ahli, sistem komputer dengan internet, serta surat kabar dan majalah yang relevan. Disamping itu penelitian lapangan juga penting untuk dilakukan. Misalnya, dengan melakukan wawancara konsumen dan pedagang grosir untuk mengetahui produk apa yang paling laku dan respon mereka terhadap produk tertentu.
- Media Research – Hal ini diperlukan untuk menentukan, media mana yang paling efektif sebagai sarana pengiklanan, oleh karena itu riset media juga diperlukan. Hal ini akan membantu untuk mencapai pelanggan potensial dalam waktu singkat dan biaya yang lebih rendah.
- Tren pasar - Pengetahuan tentang tren pasar akan membantu pengiklan untuk mengetahui produk apa saja yang sedang ngetren dan banyak dicari orang, fitur khusus apa yang menjadi daya tarik sebuah produk. Dengan mengetahui informasi ini, produsen dapat memodifikasi produk mereka sesuai dengan tren dengan harga yang kompetitif.Sasaran – Dalam melakukan riset iklan, penting juga untuk melakukan identifikasi target audiens dan lokasi geografis dimana iklan akan dilakukan maupun ditempatkan.
Baca juga: Tips Cara Membuat Desain Iklan Kreatif
Manfaat Riset Iklan
Melakukan riset iklan sebelum meluncurkan produk baru sebelum mendukung pemasaran dengan menggunakan iklan memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut antara lain:
- Dapat melahirkan ide-ide desain dan strategi kreatif - Setelah, semua informasi tersedia, akan mempermudah untuk membuat desain eye-catching. Hal ini juga akan membantu dalam membuat strategi yang terdefinisi dengan baik untuk mengembangkan bisnis Anda.
- Mengidentifikasi Peluang Pasar – Dengan melakukan riset iklan Anda akan dapat menentukan waktu yang tepat untuk meluncurkan sebuah produk. Dengannya Anda juga akan dapat menentukan gaya iklan sesuai dengan letak geografis target pasar Anda.
- Mengetahui reputasi pesaing Anda – Dengan riset iklan, Anda juga akan dapat mengetahui reputasi rival Anda terhadap konsumen. Hal ini akan sangat membantu untuk mengembangkan strategi pemasan Anda.
- Membantu mengidentifikasi Masalah utama - Penelitian iklan akan membantu untuk mengidentifikasi potensi masalah.
- Menganalisa Progress – Riset iklan akan membantu untuk menganalisis kinerja produk Anda di pasaran.
- Minimalkan Risiko - Jika Anda telah melakukan riset pasar secara menyeluruh, maka kemungkinan terjadinya resiko akan dapat diminimalisir.
Posting Komentar