Ada banyak item yang akan Anda gunakan untuk membangun aplikasi Android agar dapat berjalan dengan baik. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana melakukan setting Resource Android dan cara mengaksesnya. Terlepas dari coding untuk aplikasi, Anda akan berurusan dengan berbagai sumber lainnya seperti kode konten statis yang Anda gunakan, seperti bitmap, warna, definisi tata letak, string antarmuka pengguna, instruksi animasi, dan banyak lagi. Setting resource android ini dapat dilakukan secara terpisah di berbagai sub-direktori di bawah res / direktori proyek.

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukan setting resource android dan aplikasi Anda, menentukan sumber alternatif dan mengaksesnya dalam aplikasi Anda.

Setting Resource Android pada eclipse


Untuk melakukan setting resource Android bagian ini, Anda harus menempatkan setiap jenis resource dalam sub direktori spesifik res/ proyek direktori. Berikut ini hirarki file untuk proyek sederhana:
MyProject/
src/
MyActivity.java
res/
drawable/
icon.png
layout/
activity_main.xml
info.xml
values/
strings.xml

Res / direktori berisi semua resource dalam berbagai sub direktori. Di sini kita memiliki resource gambar, dua sumber tata letak, dan file sumber daya string. Kode-kode berikut memberikan detail tentang direktori resource yang didukung dalam res proyek / direktori.


Setting Resource Android Studio


MyProject/
src/
main/
java/
MyActivity.java
res/
drawable/
icon.png
layout/
activity_main.xml
info.xml
values/
strings.xml

anim /
File XML yang mendefinisikan animasi properti. File ini disimpan di res / anim / folder dan diakses dari R.anim class

warna/
File XML yang mendefinisikan daftar warna. File ini disimpan di res / warna / dan diakses dari R.color class.

drawable/
File gambar seperti .png, .jpg, .gif atau XML file yang dikompilasi ke bitmap, daftar negara, bentuk, animasi gambar. Mereka disimpan di res / drawable/ dan diakses dari R.drawable class.

layout/
File XML yang mendefinisikan tata letak antarmuka pengguna. File ini disimpan di res / layout / dan diakses dari R.layout class.

menu/
File XML yang mendefinisikan aplikasi menu , seperti menu Options, Context Menu, atau Sub Menu. File ini disimpan di res / menu / dan diakses dari R.menu class.

raw/
File digunakan untuk menyimpan file dalam bentuk mentah/raw. Anda perlu memanggil Resources.openRawResource () dengan ID resource pada R.raw.filename untuk membuka file raw tersebut.

values/
File XML yang berisi values sederhana, seperti string, integer, dan warna.Berikut ini adalah beberapa konvensi nama file untuk sumber daya dimana Anda dapat membuat dalam direktori ini -

  • arrays.xml untuk array sumber daya, dan diakses dari R.array class.

  • integers.xml untuk bilangan bulat sumber daya, dan diakses dari R.integer class.

  • bools.xml untuk boolean sumber daya, dan diakses dari R.bool class.

  • colors.xml untuk nilai warna, dan diakses dari R.color class.

  • dimens.xml untuk nilai dimensi, dan diakses dari R.dimen class.

  • strings.xml nilai-nilai string, dan diakses dari R.string class.

  • styles.xml untuk gaya, dan diakses dari kelas R.style class.


xml/
file XML arbitrary yang dapat dibaca pada saat runtime dengan memanggil Resources.getXML (). Anda dapat menyimpan berbagai file konfigurasi di sini yang akan digunakan pada waktu sistem berjalan.

Resource alternatif


Aplikasi Anda harus menyediakan resource alternatif untuk mendukung konfigurasi perangkat tertentu. Misalnya, Anda harus menyertakan sumber drawable alternatif (i.e.images) untuk resolusi layar yang berbeda dan resource string alternatif untuk bahasa yang berbeda. Pada saat runtime, Android mendeteksi konfigurasi perangkat saat ini dan beban resource yang tepat untuk aplikasi Anda.

Untuk menentukan konfigurasi alternatif yang spesifik untuk satu set resource, ikuti langkah-langkah berikut -

  • Buatlah direktori baru di res / bernama dalam bentuk <resources_name> - <config_qualifier>. resources_name berada pada salah satu sumber yang disebutkan dalam tabel di atas, seperti tata letak, drawable dan lain-lain. Kualifikasi akan menentukan konfigurasi individual sumber daya tersebut akan digunakan. Anda dapat memeriksa dokumentasi resmi untuk daftar lengkap kualifikasi untuk berbagai jenis resource.

  • Simpan resource masing-masing alternatif dalam direktori baru ini. File resource harus dinamai sama persis dengan file sumber daya standar seperti yang ditunjukkan di bawah ini, tetapi file-file ini akan memiliki konten yang spesifik untuk alternatif. Meskipun nama file gambar akan sama tetapi untuk layar resolusi tinggi, resolusi akan tetap tinggi.


Berikut ini adalah contoh yang menentukan gambar untuk layar default dan gambar alternatif untuk layar resolusi tinggi.
MyProject/
src/
main/
java/
MyActivity.java
res/
drawable/
icon.png
background.png
drawable-hdpi/
icon.png
background.png
layout/
activity_main.xml
info.xml
values/
strings.xml

Di bawah ini adalah contoh lain yang menentukan tata letak untuk bahasa default dan tata letak alternatif untuk bahasa Arab.
MyProject/
src/
main/
java/
MyActivity.java
res/
drawable/
icon.png
background.png
drawable-hdpi/
icon.png
background.png
layout/
activity_main.xml
info.xml
layout-ar/
main.xml
values/
strings.xml


Cara mengakses resource


Selama pengembangan aplikasi, Anda akan perlu untuk mengakses resource yang didefinisikan dalam kode Anda, atau dalam file XML tata letak Anda. Berikut ini adalah bagian yang menjelaskan cara mengakses sumber daya pada kedua skenario -

Mengakses Sumber Daya pada Kode

Ketika aplikasi Android Anda dikompilasi, R class akan dihasilkan, yang berisi ID sumber daya untuk semua resource yang tersedia pada res/ direktori. Anda dapat menggunakan R class untuk mengakses resource dengan menggunakan sub-direktori dan nama sumber daya atau sumber daya ID langsung.

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi Hello World Untuk Android

Contoh


Untuk mengakses res/drawable/myimage.png dan menetapkan ImageView Anda akan menggunakan kode berikut ini:
ImageView imageView = (ImageView) findViewById(R.id.myimageview);
imageView
.setImageResource(R.drawable.myimage);

Berikut ini baris pertama penggunaan kode make dari R.id.myimageview untuk mendapatkan ImageView yang didefinisikan dengan id myimageview dalam file Layout. Kode baris kedua memanfaatkan R.drawable.myimage untuk mendapatkan gambar dengan nama myimage yang tersedia di sub-direktori drawable di bawah /res.

Contoh


Pertimbangkan contoh berikut di mana res/values/strings.xml yang definisi berikut ini:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<string name="hello">Hello, World!</string>
</resources>

Sekarang Anda dapat mengatur teks pada objek TextView dengan ID msg menggunakan ID sumber daya sebagai berikut:
TextView msgTextView = (TextView) findViewById(R.id.msg);
msgTextView
.setText(R.string.hello);

Contoh

Pertimbangkan tata letak res/layout/activity_main.xml dengan definisi sebagai berikut:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:orientation="vertical" >

<TextView android:id="@+id/text"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Hello, I am a TextView" />

<Button android:id="@+id/button"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Hello, I am a Button" />

</LinearLayout>

Kode aplikasi ini akan memuat tata letak ini untuk suatu kegiatan, dalam onCreate () metode sebagai berikut -
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView
(R.layout.main_activity);
}

Mengakses Sumber Daya di XML


Mempertimbangkan sumber daya berikut XML res/values/ file strings.xml yang mencakup resource warna dan sumber daya string -
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<color name="opaque_red">#f00</color>
<string name="hello">Hello!</string>
</resources>

Sekarang Anda dapat menggunakan sumber daya ini dalam file layout berikut untuk mengatur warna teks dan teks string sebagai berikut:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<EditText xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:textColor="@color/opaque_red"
android:text="@string/hello" />_

Anda dapat mempelajari bab sebelumnya sekali lagi di mana saya telah menjelaskan tentang Hello World! Saya yakin Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik pada semua konsep yang dijelaskan dalam bab ini. Jadi saya sangat merekomendasikan untuk kembali membaca artikel sebelumnya. Dalam artikel tersebut saya telah membahas tentang resource android pada tingkat yang sangat dasar untuk aplikasi Android.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama