Mengidentifikasi audiens dalam menentukan target marketing adalah bagian penting dari strategi pemasaran. Tidak ada yang lebih menantang bagi bisnis selain memahami poin masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Setelah Anda memahami masalah dari konsumen Anda dan memahami kebutuhan mereka, Anda akan dapat datang dengan solusi sempurna untuk memberikan jawaban bagi masalah yang dihadapi oleh konsumen Anda. Cara ini banyak digunakan oleh praktisi pemasaran untuk menentukan target marketing mereka.

Trik menentukan target marketing


Bila Anda ingin membuat strategi konten pemasaran, mencari tahu tentang audiens Anda dan kebutuhan mereka adalah tugas yang paling penting dalam menentukan target marketing. Pastikan bahwa Anda telah menulis masalah riil yang dihadapi oleh audiens dan bukan hanya membayangkan saja. Anda dapat melakukan ini dengan mengikuti empat langkah yang disebutkan di bawah:

Buatlah Daftar Pelanggan Utama Anda

Buatlah daftar pelanggan utama Anda secara akurat, dengan memberikan nama dan identitas tertentu agar Anda mudah mengingatnya. Misalnya, jika Anda menjalankan sebuah usaha agen perjalanan, Audien Anda mungkin adalah: wisatawan berpengalaman, wisatawan yang melakukan perjalanan hanya sesekali, wisatawan yang berkunjung ke kota, penduduk setempat yang suka berkeliling kota, dll

Kumpulkan Informasi tentang Pelanggan Anda

Anda dapat mengumpulkan informasi tentang pelanggan utama Anda dalam beberapa cara seperti:

  • Melakukan survei pelanggan yang setia mengunjungi situs Anda.

  • Memberikan layanan konsultasi kepada pelanggan Anda.

  • Membaca email dan umpan balik dari pelanggan pada kontak atau Bantuan halaman yang Anda sediakan pada situs Anda.


Identifikasi Karakteristik Pelanggan Primer Anda

Dengan mengidentifikasi karakteristik pelanggan utama, berarti Anda telah belajar tentang pengalaman pelanggan Anda '. Misalnya, wisatawan berpengalaman mungkin tahu tentang kode bandara dan e-tiket tapi wisatawan yang melakukan perjalanan hanya sesekali mungkin tidak memahami hal tersebut. Informasi yang Anda peroleh dari berbagai karakteristik Pelanggan Anda akan membantu Anda dalam membuat Content Marketing dari masing-masing dan kebutuhan setiap pelanggan.

Buat Daftar Personal

Cara terbaik untuk memvisualisasikan dan memahami kebutuhan pelanggan adalah dengan membuat data personal pelanggan. Cara ini dilakukan dengan membuat data personal dari masing-masing Pelanggan yang Anda miliki. Berikut ini contoh data personal seseorang:
Nama: John
Usia: 45 tahun
Profesi: Senior manajer TI
Hobi: Membaca berita teknologi , Traveling, Shopping, dll

Baca juga: Strategi Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya

Demikian beberapa cara dalam menentukan target marketing, buatlah jawaban yang dicari oleh pelanggan dengan produk yang Anda miliki.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama